Wednesday, October 31, 2012

Bab 4 MIT

Pertanyaan Tinjauan
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya data dan kenapa penting bagi organisasi hari ini?
  2. Apa yang dimaksud dengan suatu model data? Apa isinya? Apa tujuan dari pemodelan data? pendekatan apa yang berbeda pada pemodelan data? Apa keuntungan penggunaan model data paket?
  3. Apa yang dimaksud dengan metadata? Kenapa penting dalam mengelola metadata?
  4. Berikan contoh bahasa pemrograman database. Bagaimana bahasa tersebut berinteraksi dengan bahasa pemrograman lainnya?
  5. Kenapa organisasi sering mempunyai beberapa database?
  6. Apa perbedaan tipe database? Bagaimana itu bisa terjadi?
  7. Jelaskan beberapa skema untuk identifikasi data pada level yang berbeda. Kenapa penting untuk memiliki skema tersebut?
  8. Jelaskan tentangapplication independence/kebebasan aplikasi.
  9. Apa perbedaan antara data capture, data transfer, dan data analysis, serta aplikasi presentasi?
  10. Jelaskan tentang disposable application.
  11. Jelaskan pusat isu untuk menjamin kualitas sumber daya data.
  12. Apa yang dimaksud dengan manajemen data master? Apa keuntungan MDM (Master Data Management)?
  13. Apa yang dimaksud dengan administrasi data, dan apa fungsi kuncinya dari perannya?
  14. Apa fungsi dasar dari pegelolaan sumber daya data?
Pertanyaan Diskusi
  1. Bab ini membedakan antara data capture, data transfer, dan data analysis and presentation systems. Dampak penting apa yang terjadi pada pengembang sistem pada divisi ini terhadap tiga tipe sistem?
  2. Apa perbedaan dari jenis standar data, dan kenapa semua itu merupakan bagian penting dari manajemen data?
  3. Apakah Anda fikir sulit untuk mengelola metadata? Kenapa Ya atau kenapa Tidak?
  4. Apa perbedaan utama antara dua pendekatan pada perencanaan data dan modeling dalam bab ini-enterprise modeling dan view integration? Kenapa dari dua metodologi ini biasanya mempunyai hasil yang berbeda? Dalam hal apa keberadaan kemasan model-model data mempengaruhi pendekatan-pendekatan ini?
  5. Diskusikan permasalahan atau jebakan dari pelaksanan perencanaan data dan modeling. Bagaimana hal ini dapat dikurangi? Diskusikan keuntungan dan penggunaan dari modeling data.
  6. Jelaskan kenapa, berikan keuntungan dari data terkoordinasi, data terintegrasi, dan arsitektur data, beberapa organisasi masih mempertahankan multiple database. Bagaimana manajemen data master dapat membantu dalam manajemen multiple databases?
  7. Identifikasi data captured tentang Anda-sebagai siswa, sebagai profesional, sebagai konsumen, dll. DIskusikan bagaimana data ini dapat menjadi aset bagi organisasi yang mengumpulkannya.
  8. Carilah di internet misalnya tentang bagaimana organisasi telah memperlakukan datanya sebagai suatu aset dan keuntungan yang mereka peroleh melalui pendekatan ini.
  9. Ambillah satu contoh suatu organisasi yang sudah Anda kenal. Berikan contoh local data, shared data, dan core data. Kenapa Anda mengkategorikan contoh-ontoh yang Anda pilih terhadap kategori itu? Apakah organisasi tersebut mengelola data dalam ketiga kategori yang disarankan pada bab ini? Kenapa Ya atau kenapa Tidak?

No comments:

Post a Comment