Sunday, October 28, 2012

Bab 2 MIT



BAB 2
Pertanyaan Tinjauan

  1. Bedakan antara microcomputers, midrange systems, mainframes, and supercomputers. Berikan perkiraan kecepatan (MFLOPS) dan harganya. 
  2. Buat daftar enam blok bangunan yang membuat komputer digital, dan jelaskan alur data  yang muncul diantara blok tersebut. 
  3. Apa keuntungan dan kerugian penggunaan direct access files dengan penggunaan sequential access files? Kenapa organisasi merasa terganggu dengan penggunaan sequential access files hari ini? 
  4. Jelaskan dengan pendapat sendiri tentnag pentingnya stored program concept. Termasuk peranan control unit dalam penjelasan Anda tersebut. 
  5. Apa yang dimaksud dengan blade server, dan kenapa blade servers menjadi penting beberapa tahun lalu? 
  6.  Empat kategori sistem komputer menjadi pertimbangan dalam bab ini yaitu microcomputers, midrange systems, mainframes, dan supercomputers. Berikan nama setidaknya satu vendor terkenal dalam setiap kategorinya. 
  7.  Jelaskan dengan singkat empat generasi bahasa pemrograman komputer, konsentrasinya pada perbedaan mendasar diantara generasi tersebut. Bagaimana kesesuaian object-oriented programming terhadap generasi-generasi ini? bagaimana kesesuaian HTML terhadap generasi-generasi ini? 
  8. Buat daftar setidaknya lima kategori produk-produk software produktivitas personal. Kemudian konsentrasikan pada satu dari kategori tersebut, dan jelaskan produk yang mewakili dalam kategori itu yang Anda merasa familiar dengannya. Berikan poin-poin mendukung dan melemahkan dari produk tersebut. 
  9.  Berikan daftar enam kategori besar dari software pendukung. 
  10. Apa keuntungan terbesar dari bahasa generasi keempat terhadap ketiga generasi bahasa? Apa kerugian utamanya? 
  11. Apa ciri utama dari suatu object-oriented language?  Bagaimana perbedaan suatu object-oriented language dengan bahasa generasi ketiga. 
  12. Apa kepanjangan dari CASE? Secara umum, apa tujuan dari CASE tools? 
  13. Berikan daftar setidaknya rumah software bebas (tidak terkait dengan vendor komputer) yang merupakan pemain utama dalamkomponen software dari industri teknologi informasi. Berikan daftar berbagai produk software yang biasanya Anda gunakan dan mengindikasikan perusahaan yang telah mengembangkan tiap produk. 
  14. Apa kepanjangan dari singkatan-singkatan berikut ini yang ada di bab ini?
-          OCR          = Optical Character Recognition
-          CPU          = Control Processing Unit
-          MFLOPS = Millions of Floating Point Operations Per Second
-          UPC          =
-          DASD       = Direct Access Storage Device
-          DVD         = Digital Versatile Disc
-          DBMS       = Database Management Systems
-          JCL           = Job Control Language
-          HTML       = Hypertext Markup Language
-          OOP          = Object-Oriented Programming
-          4 GL          = Fourth Generation Language
-          CASE        = Computer-Aided Software Engineering

Pertanyaan Diskusi
1.      Beberapa komentator menyarankan bahwa sistem komputer mainframe dapat ditekan keberadaannya dalam beberapa tahun ke depan, dengan kemampuan yang luar biasa dari midrange systems-nya dan kekuatan dari perpaduan superkomputer untuk membedakan pasar mainframe sekarang. Bagaimana menurut Anda? Kenapa?
2.      Apa keuntungan dan batasan palmtop atau handheld PC (termasuk smartphones)? Apakah Anda punya satu? Jika demikian, untuk apa Anda menggunakannya? Jika tidak, fitur apa yang menarik bagi Anda?
3.      Apa keuntungan dan batasan sebuah tablet PC? Apakah Anda percaya tablet PC akan berhasil? Kenapa ya atau kenapa tidak? Apakah ke depannya Anda akan menggunakan tablet PC?
4.      Dengan satu perusahaan (IBM) yang mendominasi pasar hardware mainframe di USA sejak awal, dan dengan perusahaan yang sama itu sekarang ini hampir menempati puncaknya di tiap segmen industri hardware (kecuali microcomputers), sudahkah industri hardware komputer benar-benar kompetitif selama lima dekade lalu? Berikan dukungan dari pernyataan Anda.
5.      Berilah daftar kemungkinan penggunaan superkomputer dalam ranah bisnis.
6.      Untuk kebanyakan proses informasi bisnis, menurut Anda ciri kritis apa atau ciri terbatas apa yang Anda percayai dari sistem komputasi hari ini-kecepatan CPU, kapasitas memori, kapsitas DASD, kecepatan komunikasi internal, kecepatan input-output, faktor lain, atau beberapa kombinasi  dari faktor-faktor ini? berikan penjelasan alasan Anda. Kenapa?
7.      Kategori yang mana dari software produktifitas personal yang paling bernilai bagi Anda sekarang sebagai siswa? Kenapa? Di dalam kategori ini, produk software apa yang paling favorit bagi Anda? Kenapa? Apakah menurut Anda dari kategori software produktifitas personal yang paling bernilai bagi Anda itu akan berubah sejalan dengan perubahan karir Anda? Kenapa?
8.      Di tahun 1980-an suatu pergerakan berkembang dalam industri sistem informasi menuju “stamp out COBOL” dan menggantinya dengan 4 GLs dan alat produktifitas lainnya. Manifestasi dari pergerakan ini termasuk slogan “Kill the COBOL programmer” (bukan sebenarnya tentunya) dan kaos-kaos terkaoit COBOL dalam simbol internasional yang dilarang (lingkaran merah dengan garis merah diagonal kata COBOL). Apakah menurut Anda pergerakan itu akan sukses? Kenapa?
9.      Mungkin Anda pernah punya pengalaman setidaknya dalam hal satu prosedur bahasa (3 GL) di suatu sekolah atau kampus. Apa kekuatan dan kelemahan dari bahasa tersebut yang Anda tahu betul? Berdasarkan apa yang telah Anda kumpulkan dari teks, apa keuntungan utama yang diperoleh dari penawaran 4 GL terhadap 3 GL yang Anda tahu betul? Dan apa kerugiannya?

No comments:

Post a Comment